Tips Cara Mengemudi di Jalan Raya Saat Lebaran Tiba

Tips Cara Mengemudi di Jalan Raya Saat Lebaran Jangan Gunakan Smartphone Anda

GPS – Smartphone kini menjadi benda yang hampir sulit untuk tidak digenggam dan dioperasikan. Dalam kondisi di kendaraan misalnya, tak jarang pengguna mengecek dan mengutak-atik smartphone-nya beberapa kali. Sudah umum saat mengemudi mobil taupun motor sering pengendara memakai ponselnya waktu balas whatsapp , sms ataupun terima telpon . Padahal hal ini sangat beresiko terhadap keselamatan Anda loh

tips mengemudi
Ilustrasi Jangan gunakan Smartphone saat mengemudi

Setiap kejadian kecelakaan pasti diawali dari pelanggaran, pelanggaran person dan pelanggaran laik jalan menjadi faktor. studi lain menyebutkan bahwa angka kematian di kendaraan meningkat 6% pada 2016. Studi ini merupakan pengingat bagi para pengguna smartphone saat mengendalikan kemudi kendaraan diperkirakan tewas karena berbicara dan mengirim SMS dengan ponsel sembari mengemudi yang terkadang tidak mengamati situasi lalu-lintas didepan, samping, belakang serta memberikan isyarat.

Hmmm,.. mengerikan juga ya bahaya yang ditimbulkan oleh perilaku bermain smartphone saat berkendara, Bahkan bukan hanya saat menggunakan smartphone yang dapat mempengaruhi terjadinya kecelakaan lalu lintas diantaranya faktor manusia, kendaraan, kondisi jalan, dan cuaca, Jangan lupa Faktor kendaraan juga harus diperhatikan sebelum bepergian.

Perilaku bermain smartphone saat berkendara jika di berbagai Negara, dikeluarkan peraturan perundang-undangan yang melarang penggunaan smartphone saat berkendara, dan disertai dengan ancaman sanksi hukum yang cukup berat. Tak terkecuali di Indonesia, dimana perilaku buruk ini akan dikenakan pasal 238 UU No. 22 Tahun 2009 , Subjek penelitian 200 remaja berusia 17-18 tahun. Hasil penelitian didapatkan konfirmasi 4 gejala kecanduan telepon genggam antara lain :

  1. inability to control craving

ketidakmampuan mengontrol keinginan menggunakan telepon genggam

  1. anxiety and feeling lost

kecemasan dan merasa kehilangan bila tidak menggunakan telepon genggam

  1. withdrawal and escape

menarik dan melarikan diri, artinya telepon genggam digunakan sebagai sarana untuk mengalihkan diri saat mengalami kesepian atau masalah

  1. productivity loss

kehilangan produktivitas, Gejala utama kecanduan telepon genggam adalah ketidakmampuan mengontrol keinginan menggunakan telepon genggam.

Dalam keadaan apapun jika dalam keadaan urgent/darurat apabila ada telepon atau SMS penting, alangkah baiknya apabila Anda menepi terlebih dahulu untuk menerimanya, demi keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Perlu kita ingat pada Pasal 106 ayat (1) Undang-Undang No.22 Tahun 2009 sendiri berisi: “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

Share demi keselamatan orang orang yang kita cintai “

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *